Tips Cara Membuat Clash Of Clans Membangun Clan Yang Kuat

Clash Of Clans - Clan adalah sebuah perkumpulan para pemain dalam game Clash Of Clans.
dari Namanya saja kita sudah dapat menyimpulkan bahwa clan adalah salah satu faktor terpenting di permainan ini .
meskipun ada beberapa pemain Solo / Single Player yang bermain tanpa bergabung dalam sebuah clan , meskipun demikian saya yakin setidaknya mereka pernah masuk dalam sebuah clan hehe meskipun sesekali dan tidak menetap . dalam game online pemain seperti ini sudah tidak asing lagi .

Banyak keuntungan yang di dapatkan jika kita bergabung di dalam sebuah clan , misalnya kita dapat berkumpul sesama pemain meskipun hanya sekedar bertegur sapa di Chat Clan tentu saja selain kita mendapatkan teman satu hobi kita juga mendapatkan teman baru yang banyak  , dan juga kita dapat meminta bantuan berupa pasukan kepada sesama anggota clan untuk melindungi desa kita dari serangan musuh nantinya .
kita juga bisa mengikuti War Clan yang terdiri dari 10 - 50 pemain dan kita dapat berjuang bersama - sama dan menunjukan kekompakan dalam sebuah Clan .
sebagai hadiah pemenang Clan War kita akan di berikan sebuah harta berupa Elixir , Gold dan juga Dark Elixir



Membangun Clan Yang Kuat 

bagaimana cara membangun Clan yang kuat ?
tentu saja sebagai anggota kita menginginkan clan yang kita diami adalah clan yang terkuat , ada banyak keuntungan jika kita memiliki Clan yang kuat seperti ,

  • Selalu menang war dan mendapatkan harta 
  • Terkenal
  • Level Clan Tinggi 
  • Ramai 
  • Diminati banyak pemain 
Namun semua itu butuh kerja keras tak hanya diri sendiri tetapi seluruh anggota Clan mencakup Member , Elder , Co-Leader dan juga Leader jika salah satunya saja tidak berusaha dengan serius tentu sudah dapat di pastikan clan tidak akan bertahan lama .


sebagai seorang leader saya sendiri memeliki beberapa tips untuk kalian yang mungkin ingin membangun clan sendiri dari nol dan ingin memiliki clan yang hebat nantinya , hal ini menurut pengalaman pribadi saya sendiri , yang terpenting di sini adalah saya bukan bertujuan untuk menggurui teman - teman semua apalgi menjadi orang yang sok hebat hanya saja saya ingin berbagi pengalaman saya selama ini menjadi seorang Leader Clan , meskipun Clan saya juga ga begitu kuat namun sudah berdiri sejak lama , untuk mempertahankan Clan dari pemain yang kabur itu tidak mudah banyak clan yang hilang begitu saja dan tidak ada pemain di dalamnya padahal dulu clan itu ramai , sangat di sayangkan bukan ?
untuk itu mari simak penjelasan berikut :

Mulai dari Nol

Mungkin untuk kalian yang ingin membuat clan harus memulainya dari nol , dari sini lah awal mula clan yang hebat nantinya , lebih baik membangun clan sendiri dari pada bergabung dengan clan yang kuat tapi tidak di hargai apalagi jika kalian memiliki Th yang kecil dan level rendah kalian akan sulit menemukan clan yang kuat dan mau menerima kalian apa adanya.

Sedikit cerita dari pengalaman saya yang ingin bergabung dengan sebuah clan namun mendapatkan kick dimana- mana mungkin karena saya memiliki Th tinggi dengan desa yang masih sanagt prematur sehingga di tolak setiap bergabung . dan dari situlah saya berfikir untuk membangun clan sendiri dan mengelolanya sebisa mungkin , meskipun kecil namun ini clan sendiri .

 Mengrekrut Anggota Clan

Mendapatkan member adalah hal kedua tersulit dalam membangun clan .
lalu apa hal pertama tersulit ? nanti saya jelaskan ,
didalam membangun sebuah clan di butuhkan kerja keras dan kesabaran dalam melaksanakannya untuk menjadi clan yang kuat tidak semudah di fikirkan dan juga tidak dalam waktu singkat .
ada beberapa kriteria member yang sangat di butuhkan untuk pembangunan Clan baru di antaranya :

  • Jam Aktif yang lama 
  • Loyal 
  • Member abadi 
Jam Aktif  yang Lama berati pemain ini selalu aktif dan tidak sibuk biasanya pemain seprti ini ada di kalangan pelajar .
Loyal pemain loyal sangat di butuhkan dalam membangun clan biasanya para pemain ini sering malakukan donasi dengan kesadaran sendiri dan selalu bersikap ramah kepada siapa saja anggota clan .
Member Abadi member jenis ini adalah member yang sudah abadi dan tidak akan pergi meninggalkan clan , member abadi dapat berupa teman , keluarga ataupun orang terdekat kalian , dengan begitu kalian akan sangat terbatu dengan kehadiran Member abadi ini .
dan yang terpenting adalah member yang memiliki 3 kriteria di atas !
saya sendiri pada awal membangun clan memiliki member abadi 5 orang yakni teman sekelas saya sendiri waktu di bangku Smk dulu .

dalam mendapatkan member tidak perlu terlalu terfokus pada member yang memiliki TH tinggi dan level yang tinggi juga , karena biasanya member seperti itu tidak memiliki 3 kriteria di atas .
lebih baik ambil pemain yang memiliki Th 5-8 , karena biasanya mereka adalah para pemain yang memiliki Jam aktif yang lama .
akan lebih baik Th 7 - 8
tidak perlu terobsesi memiliki member yang banyak cukup 10 - 15 saja untuk membangun clan jika sudah waktunya member akan data sendirinya
kalian dapat mencari member melalui chat Global di sana banyak member yang tidak memiliki clan dan juga promosikan clan kalian agar lebih di kenal

Mempertahankan Anggota

ini menjadikan Mempertahankan Anggota berada di urutan pertama hal tersulit dalam membangun clan , bagaimana tidak mempertahankan member sangat sulit apalagi di level clan yang rendah , saya sendiri pernah merasakan nya sendiri , member yang kabur tanpa memberi sepatah katapun terlebih lagi sehabis meminta bantuan lalu pergi se akan akan mereka masuk hanya untuk meminta saja .
member seperti ini yang sangat di hindari di mana saja , sebutan untuk mereka adalah Kulon ( Kutu Loncat ) yang suka berpindah pindah clan hanya untuk meminta pasukan . leader juga manusia punya rasa punya hati , mereka akan sangat kecewa jika ada di antara member nya yang seperti itu , namun jika sudah terbiasa yang biasa aja , tapi kalo baru baru sakitnya tuh disini ! hehe

ada beberapa cara untuk mempertahankan Member pengalaman pribadi saya seperti di bawah ini :

Ramah


bersikap ramah kepada semua member adalah kunci untuk merebut hatinya dan membuat mereka nyaman berada di clan dan tidak akan pergi , berikan suasana yang tidak akan mereka dapatkan di clan lain , caranya ? temukan sendiri cara kalian agar tidak terkesan di paksakan
Tegas tapi santai
Jika kalian memiliki sikap tegas tapi santai ini akan membuat kalian mudah dalam upaya membangun clan .
Tegas jika ada pelanggaran yang dilakukan anggota clan santai untuk menegurnya .


Kalah War Tak Perlu Marah 

banyak dari clan - clan kecil yang sulit berkembang bahkan tidak memiliki member abadi , mungkin karena mereka memiliki tingkat emosional yang tinggi
kalah dan menang adalah hal yang biasa itulah yang tertulis di dalam deskripsi clan saya ,

saya menulis itu bukan tanpa tujuan melainkan untuk mengingatkan semua anggota bahwa kalah dan menang adalah hal yang wajar .
terkadang petinggi clan atau anggota setiap kali menerima kekalahan akan besar kepala dan saling menyalahkan satu sama lain atau menyalahkan member yang sedikit mendapatkan bintang atau tidak mendapatkannya sama sekali , padahal member yang melakukan itu sama sekali tidak menginginkan hasil seperti itu , ada kekecewaan di dalam dirinya yang berfikiran kekalahan itu di sebabkan olehnya , di tambah lagi tekanan dari para anggota lain , jika terus berlanjut ini akan menjadi kebiasaan .
hal ini membuktikan tidak adanya ke harmonisan di dalam clan tersebut , tentu saja ini tidak akan menbuat member nyaman dan lalu pergi meninggalkan clan .
yang perlu di lakukan adalah mensupport sesama anggota tidak perlu saling menyalahkan dan terima dengan ihklas .

mungkin saya sudahi untuk sekarang artikel saya ini , padahal saya tadi banyak punya cerita yang ingin di bagikan entah kenapa jadi lupa hehe ..
artikel saya ini hanya bertujuan untuk menghabiskan waktu luang saya dan sekedar berbagi saja , sampai jumpa lagi yah ..


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel