Peluang Bisnis Menjadi Jasa Design Grafis

KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS

"Peluang Bisnis Menjadi Jasa Design Grafis"


Oleh :
Nama : Trisno Wibowo
NIM : 15.01.3492
Kelas : D3 TI-01

2016

A. Abstrak

       Desainer grafis adalah orang yang memiliki kemampuan menuangkan ide-ide atau konsep yang ada dalam pikiran ke dalam bentuk gambar. Kemudian, ide tersebut pun divisualisasikan pada media cetak maupun elektronik. Jasa seorang desainer grafis diperlukan untuk membuat promosi suatu produk. Dengan kata lain, seorang desainer grafis harus mampu menerjemahkan atau memvisualkan sebuah pesan yang diinginkan suatu perusahaan agar sampai kepada masyarakat atau konsumen yang dituju.

      Bisnis desain grafis bisa dibilang sebagai bisnis yang sangat menjanjikan saat ini, di samping dapat dijalani tanpa mengeluarkan modal hingga ratusan juta untuk memulai usaha, bisnis ini pun dapat dijadikan pekerjaan sampingan Anda tanpa harus meninggalkan pekerjaan yang Anda sedang jalani.

B. Pembahasan

Menjadi seorang desainer grafis merupakan salah satu celah bisnis yang cukup menjanjikan karena sekarang makin banyak perusahaan yang membutuhkan orang yang mampu membuat suatu visualisasi produk untuk ditawarkan kepada masyarakat luas. Selain itu, perusahaan juga sangat membutuhkan seorang desain grafis ini untuk membuat company profile. Belum lagi semakin banyaknya perusahan yang bergerak di bidang penerbitan buku.

1. Kemampuan desain. Sudah tentu ini merupakan syarat mutlak. Anda harus punya kemampuan desain yang mumpuni dan dapat diandalkan. Mampu menggunakan berbagai aplikasi pengolah grafis (seperti Photoshop, Illustrator, dsb) jelas merupakan kewajiban bagi Anda yang ingin berkarya di bidang desain.

2. Website. Website akan digunakan untuk sebagai tempat Anda menawarkan jasa desain. Ibaratkan website sebagai sebuah “kantor” tempat Anda bertemu klien, tempat Anda memberikan penawaran pada klien, tempat Anda menampilkan portofolio. Akan sangat baik kalau Anda memiliki website dengan nama domain .com/top level domain lainnya. Bayangkan Anda punya web dengan alamat “www.NamaAnda.com”, sudah tentu kesan profesional dapat Anda timbulkan di depan klien. Lewat web ini Anda dapat memajang berbagai portofolio Anda.

3. Portofolio. Sama halnya dengan bisnis jasa lainnya, Anda harus punya portoflio. Kehadiran portofolio dapat meyakinkan calon klien agar mereka mau menggunakan jasa Anda.

4. Promosi via sosial media; Hampir sama dengan bisnis lainnya, Anda juga bisa memanfaatkan promosi via sosial media seperti Facebook, Twitter maupun forum-forum.

C.Referensi 
http://tulisbaca.com/tips-berbisnis-desain-grafis-secara-online/
http://jagoanpassiveincome.com/peluang-bisnis-menjual-jasa-desain-di-internet/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel